HALAMAN AKREDITASI
(SMP NEGERI SATU ATAP DNS TANTAN)

MUTU LULUSAN

Berikut Kelengkapan Dokumen Akreditasi Mutu Lulusan SMP NEGERI SATU ATAP DNS TANTAN

1. KEDISIPLINAN

(Siswa Menunjukan Perilaku Disiplin Dalam Berbagai Situasi)

  • Tata tertib dan penegakannya yang mencakup hak, kewajiban, penghargaan, dan sanksi (antara lain sistem poin);
  • Buku piket yang berisi keterlambatan siswa dan ketidakhadiran siswa di sekolah/madrasah;
  • Catatan guru/wali kelas dan tenaga kependidikan yang memuat kedisiplinan waktu siswa
  • Jurnal Kelas Yang Mencantumkan data ketidakhadiran siswa di kelas dan data mata pelajaran yang diikuti siswa

2. PERILAKU RELIGIUS

(Siswa Menunjukan Perilaku Religius Dengan Pengalamannya Dalam Aktivitas Disekolah/Madrasah)

  • Catatan guru yang mencakup partisipasi siswa dan jenis kegiatan ibadah sesuai ajaran agama/kepercayaan yang dianut & catatan guru tentang sikap toleran dan kerukunan hidup antarpemeluk agama/kepercayaan
  • Laporan kegiatan pembiasaan perilaku religius siswa yang mencakup agenda/jadwal dan jenis kegiatan & laporan kegiatan peringatan hari besar keagamaan yang mencakup jenis kegiatan dan partisipasi siswa

3. PERILAKU KERJA KERAS, TANGGUH, DAN BERTANGGUNG JAWAB

(Siswa Menunjukan Perilaku Kerja Keras, Tangguh, Dan Bertanggung Jawab Dalam Aktivitas Disekolah/Madrasah)

  • Portofolio tugas dalam pembelajaran yang mencakup materi dan nilai yang diperoleh siswa;
  • Laporan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler yang mencakup jenis kegiatan, partisipasi siswa, dan dokumentasi kegiatan.

4. BEBAS PERUNDUNGAN (BULLY)

(Siswa Terbebas Dari Perundungan (Bully) Disekolah/Madrasah)

  • Portofolio tugas dalam pembelajaran yang mencakup materi dan nilai yang diperoleh siswa;
  • Laporan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler yang mencakup jenis kegiatan, partisipasi siswa, dan dokumentasi kegiatan.
  • Media afirmasi dalam bentuk poster/banner/spanduk/leaflet.

5. KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI

(Siswa menunjukkan keterampilan berkomunikasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21)

  • Portofolio/tugas yang mencakup tugas melalui media daring, media luring, dan Nilai yang diperoleh siswa
  • Laporan hasil karya dan prestasi terkait keterampilan berkomunikasi yang efektif secara lisan.
  • Laporan hasil karya dan prestasi terkait keterampilan berkomunikasi yang efektif secara tertulis.

6. KETERAMPILAN BERKOLABORASI

( Siswa menunjukkan keterampilan berkolaborasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21)

  • Catatan penilaian sikap kolaborasi/kerja sama
  • Laporan kegiatan yang berisi partisipasi kolaborasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler
  • Laporan kegiatan yang berisi partisipasi kolaborasi siswa dalam kegiatan OSIS
  •  Laporan kegiatan bersama di luar sekolah/madrasah yang mencakup jumlah dan jenis kegiatan serta data keterlibatan siswa.
  • Portofolio/tugas dalam proses pembelajaran dan nilai yang diperoleh siswa.
  • Hasil karya dan prestasi siswa yang menunjukkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah secara lisan maupun tulisan.

8. KETERAMPILAN KREATIFITAS DAN INOVASI

(Siswa menunjukkan keterampilan kreativitas dan inovasi sesuai karakteristik keterampilan abad ke-21)

  • Portofolio tugas pembelajaran yang mencakup materi tentang pengembangan kreativitas dan inovasi, serta nilai yang diperoleh siswa
  • Laporan pelaksanaan kegiatan terkait keterampilan kreatif dan inovatif yang mencakup jenis kegiatan, data partisipasi siswa, data karya dan prestasi, dan dokumentasi kegiatan (Laporan Prestasi Siswa)
  • Laporan pelaksanaan kegiatan terkait keterampilan kreatif dan inovatif yang mencakup jenis kegiatan, data partisipasi siswa, data karya dan prestasi, dan dokumentasi kegiatan (Bukti keikutsertaan dalam kegiatan lomba yang terkait dengan minat dan bakat)

9. PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT

(Siswa menunjukkan kemampuan mengekspresikan diri dan berkreasi dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat)

  • Laporan daring/luring tentang partisipasi siswa dalam kegiatan lomba yang terkait dengan pengembangan minat dan bakat, serta tautan media sosial (Bukti keikutsertaan dalam kegiatan lomba yang terkait dengan minat dan bakat)
  • Laporan daring/luring tentang prestasi/penghargaan dalam kegiatan pengembangan minat dan bakat, serta tautan media sosial(Laporan Prestasi Siswa)

10. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR

(Siswa menunjukkan peningkatan prestasi belajar)

  • Data nilai ujian sekolah/madrasah dalam 3 (tiga) tahun terakhir
  • Leger nilai kelas akhir dalam 3 (tiga) tahun terakhir.

11. KEPUASAN TERHADAP MUTU LULUSAN

(Pemangku kepentingan (stakeholders) puas terhadap mutu lulusan sekolah/madrasah)

  • Laporan hasil tracer study tentang kepuasan pemangku kepentingan
Scroll to Top